Luka karena jatuh adalah luka yang paling sering terjadi dan menyebabkan luka lecet. Luka lecet termasuk luka terbuka yang terjadi di permukaan kulit dan biasanya luka ini terjadi karena jatuh dari suatu tempat. Walaupun luka lecet dianggap sebagai luka ringan, namun jika tidak dirawat dengan baik maka tetap bisa menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Karena luka lecet termasuk luka ringan, maka Anda bisa mengobatinya sendiri di rumah. Walaupun begitu, Anda tetap harus merawatnya dengan baik agar tidak menimbulkan iritasi maupun infeksi. Di artikel ini akan diberikan beberapa tips perawatan yang cepat dan tepat ketika terjadi luka lecet agar segera sembuh.

Cara Perawatan Luka Lecet Karena Jatuh

  1. Segera bersihkan luka dari kotoran menggunakan air yang mengalir atau larutan garam (cairan saline) sampai bersih. Hindari membersihkan luka dengan cairan pembersih yang mengandung alkohol, hidrogen peroksida maupun iodin karena akan menyebabkan rasa perih dan iritasi.
  2. Oleskan antibiotik pada luka. Tujuannya agar luka tersebut tetap dalam keadaan lembap sehingga luka cepat sembuh dan juga mencegah terjadinya infeksi yang lebih parah. Kemudian segera tutup lukanya dengan kasa yang steril, jangan lupa untuk mengganti kasanya setiap hari.
  3. Jika luka lecet cukup lebar dan terasa sakit, dianjurkan untuk minum obat pereda nyeri. Namun, sebaiknya hindari aspirin karena meminum aspirin hanya akan memperpanjang pendarahan.
  4. Hindari paparan sinar matahari secara langsung pada luka Anda, karena akan menyebabkan hiperpigmentasi permanen pada luka Anda.
  5. Jika pendarahan pada luka tidak berhenti, pinggiran luka menganga, luka akibat terkena benda berkarat atau benda kotor, dan di area luka terasa kebas segera pergi ke dokter.
  6. Jangan mengoleskan salep apapun tanpa seizin dokter, dan jika terjadi bengkak atau memar kompreslah dengan es. Atau kunjungi alamat ini https://www.guesehat.com/gejala-dan-cara-mengatasi-demam-berdarah-sejak-dini untuk mendapatkan info lebih lanjut mengenai perawatan luka lecet.

Jika ingin luka lecet Anda segera mengering gunakanlah obat luka jatuh cepat kering yang direkomendasikan oleh dokter. Nah, itulah tips mudah dan cepat perawatan luka lecet akibat jatuh, semoga bermanfaat.