Ketika banyak penelitian menunjukkan pentingnya DHA bagi anak dan ibu hamil, maka produksi makanan atau suplemen yang mengandung DHA juga kian meningkat. Produk DHA dan perkembangan otak janin sekarang ini memiliki banyak pilihan, mulai dari yang berbahan minyak ikan hingga alga. Namun apakah semua multivitamin dan suplemen tersebut baik untuk ibu hamil?

Kelebihan dan Kekurangan Suplemen DHA

Suplemen minyak ikan

Asam lemak DHA yang tersedia dalam bentuk suplemen minyak ikan terbukti banyak diresepkan untuk mengurangi peradangan atau komplikasi selama kehamilan. Selain itu, minyak ikan (dengan kadar yang sesuai) juga dapat membantu pasien dengan penyakit jantung atau stroke, ADHD, lupus, nyeri haid, eksim, rheumatoid arthritis, Sindrom Raynaud, serta depresi pasca melahirkan.

Di lain sisi, ibu hamil harus mewaspadai efek samping dari suplemen minyak ikan (bukan ikan segar). Suplemen minyak ikan cenderung menurunkan tekanan darah, sehingga Anda harus waspada jika memiliki darah rendah. Selain itu, suplemen ikan juga dapat mengencerkan darah. Bahkan pada beberapa orang cenderung menimbulkan diare ketika mengkonsumsi lebih dari 3 gram setiap hari.

Suplemen ganggang atau alga

Produk atau suplemen alga merupakan sumber DHA yang baik untuk ibu hamil dengan masalah alergi pada ikan atau sedang menjalankan diet vegetarian. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa asupan 1-2 gram minyak alga per hari dapat meningkatkan kadar DHA dalam darah. Selain itu, juga dapat menurunkan trigliserida dan tekanan darah, mengontrol peradangan, serta meningkatkan HDL.

Sementara di sisi lain, penggunaan suplemen minyak alga juga dapat memberikan efek samping dalam jangka panjang. Untuk itu, carilah minyak alga yang aman dikonsumsi sebagai suplemen atau berbagai produk formula lainnya. Beberapa produk mungkin tidak 100 persen memiliki kandungan minyak ganggang asli. Jadi kemungkinan pengguna yang tidak cocok bisa terkena diare.

Konsultasikan Dengan Dokter

Apakah Anda harus mengkonsumsi makanan atau suplemen DHA itu tergantung pada dokter Anda. Namun ingatlah untuk tetap konsultasi dengan dokter atau layanan kesehatan seperti https://www.guesehat.com/ sebelum mengambil suplemen tersebut. Karena selama Anda mengkonsumsi baik suplemen minyak ikan ataupun alga dengan benar, maka tidak akan ada efek samping yang dapat membahayakan.