Alergi dingin cuaca yang begitu extreme biasanya tubuh kita akan sulit beradaptasi. Seperti halnya pada saat cuaca dingin, ada sebagian orang bisa terjadinya alergi yang di sebabkan oleh suhu dingin.  Salah satu penyakit yang terjangkit bila kita alergi pada suhu yang dingin ialah biduran.

Pada pembahasan kali ini saya akan berbagi informasi mengenai alergi dingin yang bisa menyebabkan biduran dan juga cara mengatasi alergi dingin. Simak baik-baik uraian di bawah ini

Alergi Dingin Bisa Menyebabkan Biduran

Biduran atau cold urticaria sering disalah pahami sebagai alergi lain, karena gejalanya mirip dengan reaksi alergi pada umumnya. Gejala alergi dingin yang paling parah adalah syok anafilaktik, pembengkakan di tenggorokan dan lidah hingga susah bernapas. Beberapa gejala lainya sebagai berikut:

  • Bibir bengkak saat makan atau minum sesuatu yang dingin
  • Bilur-bilur kemerahan dan terasa gatal pada kulit kena paparan dingin
  • Bengkak pada tangan yang memegang benda dingin

Penyebab Biduran

Alergi ini terjadi akibat adanya pelepasan histamin dan zat kimia lain ke aliran darah. kondisi ini di picu oleh udara dingin benda atau makanan dan minuman dingin.  Akan tetapi penyebab pasti cold urticaria belum bisa di temukan. Namun, ada beberapa faktor yang berisiko membuat seseorang terkena alergi biduran, yakni sebagai berikut.

  • masalah pada sistem imun yang membuat seseorang rentan mengalami alergi
  • infeksi seperti radang paru-paru yang membuat seseorang rentan mengalami alergi cuaca dingin
  • anak-anak dan remaja. Mereka rentan terkena cold urticaria namun biasanya kondisi ini akan membaik setelah beberapa tahun
  • Ada anak yang mewarisi penyakit ini dari orang tuanya, namun hal ini jarang terjadi

Penanganan Kondisi Alergi Dingin

meskipun tidak ada obat yang bisa mengobati alergi dingin ini secara permanen, namun kondisi ini bisa ditangani.berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan saat anak terkena alergi dingin biduran:

  • obat antihismin bisa mengobati gejala alergi yang ringan hingga sedang
  • hindari anak dari cuaca dingin. karena reaksi alergi bisa di picu oleh segala hal yang dingin seperti makan atau minum yang dingin
  • Obat yang sering digunakan untuk mengobati kecemasan dan depresi bisa meredakan gejala alergi dingin.

Urtikaria dingin atau sering disebut alergi dingin bisa hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus setelah berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Secara  umum sebenarnya alergi ini tidak ada obat khusus untuk kondisi ini, tapi ada obat untuk perawatan dan juga pencegahan. Biasanya dokter akan menyarankan setiap pasiennya yang terkena alergi ini untuk menghindari paparan udara dingin yang  bisa menyebabkan alergi. Hal ini termasuk menghindari mandi air dingin di pagi hari, tidak menggunakan AC, tidak mengonsumsi makanan dan minuman dingin. Namun di bawah ini ada beberapa obat alergi dingin yang bisa di gunakan untuk mengatasi biduran saat alergi dingin kambuh.

Obat antihistamin

Antihistamin adalah obat alergi dingin paling umum yang sering digunakan. Histamin pun memerintahkan tubuh untuk melawan alergen, hal inilah yang menimbulkan reaksi atau gejala alergi. Yaitu kulit, hidung, dan mata terasa gatal. Seperti namanya, antihistamin adalah obat yang menghentikan kerja histamin. Histamin biasanya dilepaskan saat anda:

  • Biduran, angiodema, dan anafilatik
  • Urtikaria pigmentosa

Obat kortikosteroid sistemik

Kortikosteroid sistemik adalah jenis obat alergi dingin yang di berikan secara oral (diminum) atau dengan disuntik. Obat alergi dingin satu ini bisa membantu anda untuk meringankan gejala peradangan saat alergi anda kambuh. Pengobatan awal menggunakan steroid sistemik ini biasanya di berikan untuk 2-4 minggu pertama.